Kamis, 30 Januari 2014

chinese new year branding





Jika ingin melihat contoh branding yang sukses, lihat saja perayaan imlek. Perayaan yang sebentar lagi akan kita rayakan ini benar-benar sesuai dengan pemahaman saya mengenai brand dan branding. So Mengapa chinese lunar new year?... 

Simple, dari semua perayaan cultural selain tahun baru masehi, perayaan ini termasuk perayaan yang juga cukup besar. Tapi jawaban ini tentunya belum cukup, untuk menjawab pertayaan mengapa menjadi contoh branding yang sukses. Jawaban lebih jelasnya dapat kita temukan ketika kita menjawab pertanyaan berikutnya, mengapa perayaan ini bisa stand out seperti itu?, 

Pada perayaan imlek semua elemen dan simbol yang ada bukan saja sebagai penyemarak perayaan itu namun keberadaan simbol dan elemen ini memiliki alasan dan makna mendalam yang terkandung di dalamnya. penempatanya, timingnya, susunan, prosesi-prosesinya benar-benar memiliki makna dan kisahnya tersendiri.

Bagi saya branding yang baik sama halnya dengan perayaan ini beserta elemen di dalamnya, semua haruslah memiliki suatu makna, suatu kisah yang dibagikannya dan lebih dalam lagi kisah ini yamg nantinya benar-benar dapat melekat bahkan menjadi suatu ritual-ritual yang dilakukan oleh para pelanggannya. 

Saya pribadi walaupun tidak merayakan perayaan ini secara khusuk, namun kisah dan makna imlek ini kerap saja lakukan juga (hehe^^)... seperti yah makan malam pada malam imlek biasanya berbeda dari malam-malam biasa, dan pasti ada menu mie-nya, sebagai simbol umur panjang selain itu tentunya ritual berkunjung ke kerabat dan sahabat menjadi suatu keharusan yang di lakukan (ngumpulin angpao tentunhya haha). Anyway, yang semakin menarik perhatian saya adalah ternyata ritual ini kerap kali juga hadir bukan saja pada orang-orang yang memang merayakan imlek namun juga pada mereka yang tidak merayakan, saya inget benget ketika teman-teman yang tidak merayakan imlek pada mau datang ke rumah karena imlek, dan ritual angpaonya itu lho bahkan sudah familiar bagi mereka yang tidak merayakan imlek...

Dengan kata lain imlek sebagai suatu brand campaign sukses banget bukan saja membekas bagi yang merayakan juga familiar bagi yang tidak merayakan. Semuanya terletak pada makna, kisah  dan spirit yang terkandung dalam perayaan ini...otentik lah...

So happy chinese new year all...semoga di tahun yang baru kita bisa lebih sejahtera...Gong Xi..Gong Xi...

*) Newcastle United Wish Happy Chinese New Year...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar