Selasa, 07 Januari 2014

Apa yang ada di benak anda?

Ketika sedang browsing dulu, saya menemukan sebuah artikel yang menarik. "Remove The Logo, Know The Brand" oleh David Airey, yang saya suka dari artikel ini karena tidak perlu banyak kata-kata untuk dapat menjelaskan makna artikelnya. Bagaimana suatu brand yang kuat menjadi begitu efektif. Dalam artikel ini hanya ada beberapa gambar produk dan beberapa contoh poster iklan yang telah dihilangkan logonya, tugas kita para pembaca adalah apakah kita masih dapat mengenali brand-brand tersebut...

Berikut ini saya mengutip beberapa konten dari artikel tersebut;

coba perhatikan gambar berikut...


Kira-kira brand apa yang anda pikirkan?

.
..
....

Jika anda menjawab adidas, yup anda tepat sekali^^, saya berani menjamin 90% dari kita pasti menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat.

Selanjutnya saya akan mengajukan pertanyaan berikutnya...
Apa yang anda lihat dibenak anda ketika saya menyebut "Adidas"?

.
..
....


Bagaimana? apakah sama dengan gambaran yang ada di benak saya...^^...

Coba perhatikan lagi gambar berikut ini, dan jawab pertanyaan seperti sebelumnya... brand apa yang anda pikirkan?


  

Hmm...^^ Mcd?? hehe yup, Mcdonald... dan ketika kita membayangkan Mcdonald, dan saya yakin yang akan muncul di benak kita adalah...




Yes, The Golden Arc...

Kesimpulan dari artikel ini... Apapun itu yang ada gambar burger dan warna merah that's Mcd, atau ketika melihat 3 striped, pasti adidas... Olah raga = adidas, laper mau cemil burger enak tempat fun or drive thru = Mcd... Inilah dampak dari sebuah bisnis yang memiliki brand yang kuat, bisnis yang concern dalam brand buildingnya... Kita dapat secara cepat mengasosiasikan suatu ciri tertentu dengan brand-brand tertentu, dan tentunya dampak seperti ini tidak mungkin dapat kita capai jika kita hanya berpikir profit saja.

Nah berikutnya, ketika saya bertanya lagi "Apa yang anda lihat di benak anda ketika saya menyebut suatu brand tertentu?" logo jawabannya... Saya selalu mengibaratkan logo itu seperti wajah atau tanda fisiknya perusahaan, produk atau bisnis. sama halnya seperti manusia memiliki wajah dan tanda fisik sebagai ciri khas dan yang paling penting sebagai identitasnya.

Bagaimanakah kita dapat mengenali seseorang tanpa wajah???... 

Brand dan logo sama pentingnya bahkan saling terkait. Sama halnya dengan manusia ada body dan soul, bukan saja untuk membedakannya dari manusia yang lain tapi, makes you special. Yang pasti brand butuh logo dan logo butuh brand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar