Minggu, 15 Desember 2013

Mas nanti bikin logo kedai kopi gue kayak starbucks-starbucks gitu yah...

Siapa yang tidak kenal sama kedai kopi yang satu ini, starbucks coffee. Kedai kopi yang bermula dari sebuah gerai kecil ini berdiri pada tahun 1970 di seattle amerika serikat. Sekarang starbucks sudah menjadi kedai kopi no.1 di seluruh dunia dan sekaligus menjadi tren dunia untuk bisnis kedai kopi modern.

Saking hebatnya starbucks ini, hampir di seluruh dunia, termasuk di daerah tempat saya tinggal-pun jika mau membuka kedai kopi yah pasti tampilan logonya yah starbucks-starbuck gitu... nah apa sih yang membuat semua orang jadi tergila-gila dengan starbucks ini... 
Setelah mencari kesan-kesini saya akhirnya menemukan kesimpulan kecil kira-kira apa yang membuat brand starbucks ini begitu luar biasa;

- Trend ngopi yang diterapkan oleh howard schultz yang terinspirasi dari kunjungannya di kota milan, dan sangat terkesan dengan pengalaman ngopi di sana, yang sekarang kita kenal dengan konsep cafe. schultz sangat terkesan dengan suasana romantis, nyaman dan komunal di cafe-cafe di italia di mana para pelayan ikut becakap-cakap dengan pelanggan tetap sambil menyediakan kopi dengan cekatan. pengalaman ini mengubah seluruh pemahaman Schultz tentang konsep minum kopi, "segalanya penting" minum kopi bukanlah hanya tentang secangkir kopi...tapi ritual yang terkandung di dalamnya.

Memang benar bahwa banyak juga yang orang yang datang ke starbucks bukan karena mereka penikmat kopi sejati namun sangat menyukai suasananya, sofa-crowdnya...banyak orang yang kemudian menjadikan starbucks sebagai tempat hang out- ngobrol, nongkrong, dan inilah salah satu kunci keberhasilan starbucks, bukan tentang kopinya tapi feel-nya.

- Berikutnya adalah sosok Green Siren-nya yang berhasil tidak hanya mudah dikenali, menarik namun juga fenomenal... kenapa menurut saya fenomenal? karena bagi saya eksekusi dan ide serta konsepnya memang smart banget. alih-alih mengikuti trend, bisnis kopi yang saat itu dengan menampilkan siluet cangkir panas dengan yang asap yang mengepul kemudian dibalut dengan warna dominan coklat desainer logo starbucks memilih melakukan pendekatan berbeda dan menurut saya hebat banget... 

Memilih kisah mitologi dan fantasy yang memunculkan konsep two-tailed siren dan warna hijau mencolok... tentu saja desain logo ini bukan saja hanya menginginkan sensasi namun didukung dengan tujuan dan makna yang jelas, berdasarkan informasi dari blog resmi starbucks mengapa siren dipilih sebagai ikon logo starbucks karena sosok ini mampu menyimbolkan kota seattle pada saat itu yang merupakan kota pelayaran laut yang besar... sosok siren memberikan kesan seductive mystery dan  memiliki kaitan dengan laut sebagai identitas kota kelahiran starbucks ini, yang diklaim pas untuk image starbucks coffee...

Kutipan dari blog resmi starbucks mengutarakan betapa hebat logo ini, karena tidak saja menarik namun punya makna yang berkesan... 

"She is a storyteller, carrying the lore of Starbucks ahead, and remembering our past. In a lot of ways, she’s a muse –always there, inspiring us and pushing us ahead.

And she’s a promise too, inviting all of us to find what we’re looking for, even if it’s something we haven’t even imagined yet.
She means something different to every one who sees her, who knows her. For me she’s kind of the final say on the spirit of everything I write and everything we do. Even as I’m writing this, I wonder what she thinks". (starbucks coffee).
Bagi para penggemar starbucks, logo ini sudah menjadi wajah, identitas dan bagian yang melekat dengan kualitas produk dan feel-nya starbucks, bahkan di usia ke 40 starbucks, saat desain logo baru diperkenalkan walaupun sudah tidak mencantumkan nama starbucks coffee lagi di dalam logonya siapapun tetap akan tahu sosok siren ini adalah starbucks coffee, yup... the siren is always become welcoming face of  Starbucks...

So sekarang saya jadi paham mengapa semua orang di seluruh dunia seperti terjangkit virus starbucks, karena memang sosok starbucks coffee ini telah menjadi sosok yang hidup dan berkarakter. Seperti sifat nature siren dalam mitologi, ia selalu menarik setiap orang ke sekitarnya... 
Ya...ngak heran semua mau logonya kayak starbucks-starbucks gitu...haha...  

Starbucks dan Tren-nya


Logo Baru Starbucks Coffee



Tidak ada komentar:

Posting Komentar